Pleats dan Cara Merawatnya - Elsiera

Pleats dan Cara Merawatnya

3 tahun yang lalu

Pleats atau plisket adalah salah satu dari sekian banyak teknik manipulasi kain yang dilakukan dengan cara melipat kain sehingga terbentuk lipatan-lipatan rapih dan menjadikan kain lebih bertekstur. Tapi tahukah kamu? Dalam pembuatan pleats ini kain akan menyusut dari panjang awalnya, bahkan dapat menyusut setengahnya (tergantung jenis lipatan yg dibentuk). Jadi, dalam membuat kain plisket kita harus persiapkan kain lebih panjang dari kain yang kita butuhkan yaa.

Pembuatan pleats sendiri dapat dilakukan secara manual ataupun mesin khusus untuk membentuk pleats. Pembuatan pleats secara manual dilakukan dengan menggunakan cairan khusus yang dapat membentuk lipatan-lipatan pada kain. Cairan ini bisa kamu dapatkan di toko-toko alat jahit. Cairan khusus inilah yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk lipatan-lipatan kain sehingga terbentuk pleats yang diinginkan. Selain menggunakan cairan khusus, pembuatan pleats secara manual ini juga dilakukan dengan bantuan pemanasan dari setrika. Sedangkan, pembuatan pleats dengan menggunakan mesin khusus dilakukan dengan cara memasukkan kain kedalam mesin khusus pleats yang didalamnya terdapat alat melipat otomatis. Setelah kain terlipat-lipat kain akan malewati rol pemanas. Kain yang akan diplisket diberi kertas lapisan terlebih dahulu untuk melindungi kain dari suhu panas yang dapat merusak kain. 

Lalu bagaimana caranya merawat pakaian pleats kamu? Buat kamu yang suka koleksi pakaian pleats, ada baiknya kamu mengetahui cara merawat pakaian pleats agar pakaianmu tidak cepat rusak terutama bagian pleats yang dapat berubah karena perawatan yang kurang maksimal. Berikut beberapa cara untuk merawat kain pleats: 

Pertama, pencucian kain pleats dilakukan dengan menggunakan sedikit detergen dan dengan cara mencelup-celupkannya saja. Pakaian pleats sebaiknya tidak dicuci dalam mesin cuci dan usahakan tidak disikat ya, karena hal ini dapat merusak bentuk dan tekstur kain. Kedua, jemurlah pakaian dan angkat segera setelah kering. Penjemuran yang terlalu lama juga dapat merusak tekstur kain. Sedikit tambahan, jika perlu jemurlah pakaian pleats dengan menggunakan gantungan baju (hanger) agar bentuk pleats tidak berubah. Ketiga, menyetrika pakaian pleats dapat dilakukan pada pleats yang bentuk lipatannya lebar, namun untuk lipatannya kecil sebaiknya tidak disetrika ya.Terakhir, simpanlah pakaian pleats kamu dalam lemari dengan menggunakan hanger agar bentuk pleats tetap atau tidak berubah.

Itu tadi sedikit informasi mengenai pleats dan tips cara merawatnya agar pakaian pleats kamu tetap terlihat bagus dan bentuk pleatsnya bertahan lama. Semoga bermanfaat yah.