Cara Merawat Pakaian Berbahan Linen - Elsiera

Cara Merawat Pakaian Berbahan Linen

3 tahun yang lalu

Hallo Elsisters, kamu punya pakaian berbahan linen? Ya selain katun, pakaian berbahan linen juga banyak digemari oleh banyak orang karena sifatnya yang adem dan nyaman ketika dipakai. Tapi tahukah kamu? jika pakaian berbahan linen ini, memiliki beberapa perlakuan khusus untuk merawatnya agar pakaianmu tetap terlihat bagus dan awet dipakai. Simak yuk, tips cara merawat pakain berbahan linen berikut:

 

Tidak disikat, diperas dan ataupun dibentur

Jika kamu mencuci pakaian linen dengan menggunakan tangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu: jangan disikat, jangan di peras dan juga jangan dibentur. Hal ini akan membuat serat kain menjadi rusak.

 

Hindari Pengering Pakaian

Saat mencuci pakaian linen dengan mesing cuci, setelah dikeluarkan dari mesin cuci, kibaskan pakaian beberapa kali untuk menghilangkan kerutan. Lanjutkan dengan menggantungnya pada gantungan baju yang empuk, atau biarkan kering secara alami dengan meletakkannya di atas selembar kain handuk. Hindari penggunaan pengering pada mesin cuci. Penggunaan pengering dapat membuat pakaian linen kamu menjadi mudah kusut dan membuat tekstur kain mengerut. 

 

Hindari Penggunaan Pemutih

 

Pemutih mengandung bahan yang dapat membuat pakaian linen malah menjadi kaku. Selain itu, penggunaan pemutih pada pakaian linen juga dapat membuat pakaianmu menjadi lebih mudah kotor atau terlihat buluk.

 

Setrika dalam ke luar

Saat menyetrika pakaian linen, jangan pernah langsung dikeakan pada permukaan setrika. Hal ini dapat menghilangkan kilau pada kain dan mematenkan terkstur yang tidak sempurna. Cara menyetrika pakaian linen adalah dengan menempatkan kain diantara pakaian dan setrika dan pakaian linen diantara pakaian dan setrika untuk menghindari bahan terbakar atau rusak karena panas berlebih. Setrika sebentar saja ketika kain masih lembab (bukan basah) untuk menghilangkan kerutan yang susah dikembalikan.

 

Hindari melipat pakaian linen saat menyimpan

Cara paling mudah dalam merawat baju pakaian linen adalah dengan menghindari melipat pakaian. Kondisi terbaik untuk menyimpan koleksi pakaian linen adalah dengan menggantungnya di lemari yang cukup besar. Cara ini dapat mencegah kerutan dengan lebih efektif. Jangan lupa gantungan baju yang cukup kokoh untuk menopang berat pakaian, misalnya gantungan dari plastik tebal atau kayu.

 

Nah itu dia tadi Elsisterstips untuk merawat pakaian linen kamu agar biasa terus terlihat bagus dan digunakan lebih lama. Semoga bermanfaat yah.

Source Picture: Pinterest