Cara Merawat dan Membersihkan Outer Berbahan Kulit Sintesis (Faux Leather) - Elsiera

Cara Merawat dan Membersihkan Outer Berbahan Kulit Sintesis (Faux Leather)

3 tahun yang lalu

Penggunaan bahan kulit pada pakaian memang memberi kesan keren dan mewah sehingga membuat kamu tampil percaya diri saat memakainya. Bahan kulit sendiri biasa nya digunakan pada pakaian luar (outer) seperti jaket, vest atau cardigan, baik sebagai bahan utama ataupun aplikasi tambahan.

Bahan kulit terdiri dari 2 jenis ada yang genuine leather (kulit asli) ataupun faux leather (kulit sintesis). Nah, kali ini Els’ignature mau kasih tips gimana cara merawat dan membersikan outer faux leather kamu.

Cara membersihkannya sebenarnya ada dua cara, pertama dengan metode handwash, kedua bisa memakai mesin cuci. Jika memakai mesin cuci pastikan di outer kulit kamu ada informasi bahwa outer bisa dicuci dengan mesin cuci pada washing instruction-nya ya.

MEMBERSIHKAN OUTER BERBAHAN FAUX LEATHER MELALUI HANDWASH

Okey, kita bahas metode handwash atau mencuci dengan tangan dulu yah.
1. Sebelum mencuci, periksa dulu outer kamu apakah ada spot noda yang sudah mengering seperti tumpahan makanan yg sudah mengeras. Bersihkan noda-noda tersebut secara perlahan menggunakan kain lembut.
2. Campur detergen sebanyak 1 sendok makan (15 ml) dengan air hangat lalu aduk hingga larut. Oh iya, Gunakan detergen formula ringan untuk mencuci ya. Sebaiknya gunakan detergent cair, atau sebagai alternatif kamu bisa menggunakan sabun atau shampoo bayi karena formulanya ringan. Kamu juga bisa mencuci menggunakan cairan khusus pembersih faux leather.
3. Celupkan kain lembut ke dalam air detergen tadi, kemudian peras sampai kain menjadi lembab.
4. Usapkan kain lembab tersebut ke seluruh outer kamu, bersihkan noda - noda yang masih menempel.
5. Setelah itu, gunakan kain lembab lain (tanpa detergen), usapkan ke seluruh permukaan outer untuk menghilangkan sabunnya. Ulangi sampai sabunnya benar-benar hilang. Perhatikan jangan sampai ada sabun yang tertinggal karena akan membuat outer kamu menjadi kaku dan akhirnya retak.
6. Keringkan sisa-sisa air pada outer dengan menggunakan kain kering. Jika masih terasa lembab, cukup keringkan dengan cara diangin-anginkan. Hindari menjemur langsung di bawah sinar matahari, penggungaan pengering lainnya termasuk hairdryer. Pemanasan pada faux leather akan merusak bahan tersebut.
7. Gunakan pelembab/ conditioner setelah outer kering dan siap disimpan untuk menjaga bahan kulit pada outermu agar tidak terlalu kering. Mencuci outer faux leather dapat menyebabkan bahan faux leather menjadi kering, jadi penggunaan pelembab /conditioner sebelum outermu disimpan sangat penting dilakukan.

MENGGUNAKAN MESIN CUCI

1. Periksa tag / label informasi perawatan pada pakaian kamu. Seperti yang sudah disebutkan di awal. Jika ingin mencuci menggunakan mesin cuci, sebaiknya check dulu ya apakah ada informasi bahwa outer kamu bisa di cuci menggunakan mesin cuci di label washing instruction-nya. Kalau tidak ada, lebih baik cuci dengan metode handwash saja ya. Oh iya, untuk pakaian berbahan kulit jangan melakukan dry cleaning. Karena bahan kimia dry cleaning akan membuat outer faux leather-mu jadi kering, kaku, dan pecah-pecah.
2. Sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, masukkan outer (dengan posisi bagian dalamnya di luar) ke dalam tas laundry berjaring. Kalau tidak ada tas berjaring, kamu bisa pakai sarung bantal yang di ikat kuat.
3. Atur mesin cuci ke putaran yang paling rendah atau ringan
4. Keringkan outer kamu di udara terbuka. Faux leather mudah rusak oleh pemanasan. Jadi hindari pengeringan yang menggunakan proses pemanasan yah. Gunakan hanger untuk mengantungnya dan pastikan hanger diposisikan sesuai garis jahitan outer.
5. Jika ingin menghilangkan kusut pada bahan kulit, gunakan sterika yang sudah di atur pada level suhu paling rendah (max 110° celcius). Letakkan handuk di atas bahan faux leather dan tekan perlahan dibagian yang kusut. Jangan dibiarkan sterika diletakkan lama di atas handuk dan pastikan bagian besi setrika tidak menyentuh bahan faux leather. Kamu juga bisa menggunakan steamer untuk menghilangkan bagian yang kusut.

MENGHILANGKAN BAU TAK SEDAP PADA OUTER BERBAHAN FAUX LEATHER


1. Taburkan baking soda di bagian dalam outer. Baking soda dapat menyerap dan menetralkan bau tak sedap pada outer mu. Taburkan secara merata termasuk bagian lengan.
2. Letakkan outermu di luar jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan. Letakkan outer pada posisi datar agar baking soda tidak berjatuhan.
3. Diamkan selama semalam. Baking soda butuh waktu untum menyerap bau tak sedap, setidaknya hingga 8 jam.
4. Gunakan vacum kecil untuk membersihkan baking soda pada outer. Goyang-goyangkan outer, jika masih ada baking soda yang berjatuhan, vacum kembali.
5. Periksa apakah bau tak sedap pada outer sudah hilang. Jika masih ada bau yang tertinggal, ulangi kembali prosesnya.

Itu tadi sedikit tips merawat dan membersihkan outer berbahan faux leather. Perawatan faux leather yang baik dapat membuat outer kamu awet dan tetap terlihat bagus. Semoga bermanfaat! 



Artikel Terkait


  3 tahun yang lalu