Cara Membaca Simbol Pencucian - Elsiera

Cara Membaca Simbol Pencucian

2 tahun yang lalu

Salah satu cara agar pakaian kita tetap terlihat bagus seperti saat awal kitamembeli adalah dengan mengetahui cara mencuci pakaian kita dengan baik dan benar. Kita sering melihat pada beberapa pakaian terdapat label berupa informasi instruksi pencucian. Namun sayangnya, informasi tersebut hanya berupa simbol-simbol tanpa ada keterangan lebih lengkap lagi. Lalu, bagaimana cara kita mengetahu arti dari simbol-simbol tersebut? Simak yuk beberapa penjelasan makna simbol pencucian tersebut.

 

1. SIMBOL MENCUCI PAKAIAN

Simbol ini secara umum berbentuk wadah dan terdapat air didalamnya dan ditambah beberapa elemen sesuai dengan arti dari masing-masing simbol tersebut, kecuali simbol pakaian diperas.

 

2. SIMBOL SUHU PENCUCIAN

Terkadang ada beberapa jenis kain/pakaian yang memerlukan perhatian khusus pada suhu air saat pencucian. Oleh karena itu, kita dapat memperhatikan simbol suhu pencucian yang terdapat pada label instruksi pencucian di pakaian kita. Simbol ini digambarkan dengan bentuk ember dengan air di dalamnya dan disertai angka-angka yang menjelaskan tentang suhu maksimal yang dapat digunakan dalam pencucian. Selain dengan angka, di beberapa label, suhu maksimal ini dilambangkan dengan titik-titik. Semakin banyak jumlah titiknya, semakin tinggi suhu maksimal air yang dapat digunakan saat mencuci. Berikut penjelasan suhu pencucian dengan menggunakan angka.

 

3. SIMBOL PENGERINGAN

Simbol pengeringan dibagi dalam beberapa kategori, yaitu simbol pengeringan menggunakan mesin pengering/tumble dry dan simbol pengeringan dasar (tanpa menggunakan mesin pengering/tumble dry). Di bawah ini adalah penjelasan mengenai simbol pengeringan menggunakan mesin pengering atau tumble dry. Simbol ini digambarkan dengan bentuk segi empat dengan lingkaran di dalamnya.

 

Sedangkan gambar di bawah ini adalah penjelasan mengenai simbol pengeringan dasar (tanpa menggunakan mesin pengering). Simbol ini umumnya digambarkan dengan bentuk segi empat.

 

4. SIMBOL DRY CLEAN

Dry Clean merupakan teknik pencucian tanpa menggunakan air, namun teknik ini menggunakan cairan kimia/larutan perklorotilena pada prosesnya untuk mengangkat noda-noda di pakaian. Selain menggunakan cairan kimia, proses dry cleaning menggunakan kombinasi uap, penyedot, dan peralatan kimia untuk melakukan hal ini. Hanya jenis pakaian tertentu saja yang dapat dicuci dengan proses dry cleaning. Untuk mengetahuinya, ada baiknya kita perhatikan apakah terdapat simbol dry clean ini di label pakaian kita.

 

5. SIMBOL PEMUTIH

Simbol pemutih cukup sering kita temui di label instruksi pencucian. Simbol ini digambarkan dengan bentuk segitiga. Berikut penjelasan mengenai simbol penggunaan pemutih pada label instruksi pencucian. 

 

6. SIMBOL MENYETRIKA

Setiap kain pada pakaian kita memiliki karakeristik yang berbeda-beda terhadap daya tahan panas. Itulah sebabnya simbol ini paling sering kita temui pada label intstuksi pencucian. Simbol ini menjelaskan tentang apa yang harus diperhatikan saat menyetrika pakaian kita. Simbol menyetrika umumnya digambarkan dengan gambar setrika. Berikut penjelasan simbol tersebut.

 

Itulah tadi beberapa simbol label instruksi pencucian pada pakaian kia. Sebenarnya masih banyak lagi simbol-simbol pencucian lainnya, namun simbol-simbol diatas adalah simbol-simbol yang paling umum dan paling sring kita temui. Dengan kita mengikuti intruksi pencucian, kita dapat merawat pakaian kesayangan kita agar dapat dipakai lebih lama dan tetap terilhat bagus meskipun sudah lama dibeli dan sering dipakai. Semoga tips ini bermanfaat ya untuk kalian.